24 Mei 2011

~ Hilangkan Kebiasaan Buruk ~

Ada seorang teman yang punya hooby mengkoleksi Photo2 sexi, tentu saja hal ini membuat risih teman2 di sekitarnya. Anehnya diberikan nasehat berulang2 tidak paham juga, padahal dia itu termasuk orang yang mengerti Agama lho, bahkan punya pacar seseorang yang Agamanya cukup bisa diandalkan.

Bukankah kami telah memberinya sepasang mata...dan menunjukkan kepadanya dua jalan.(QS. Al-Balad, (90):8,10)

Ayat ini menunjukkan dua jalan, dimana jalan satu menuju kebaikan dan jalan yang lain membiarkannya tersesat. Namun jika anda benar2 sebagai sahabat sejatinya jangan tinggalkan ia dalam kekeliruannya, lakukan dengan berbagai cara sehingga pada akhirnya dia menyadari kekeliruannya. Juga bagi teman yang gemar melakukan kebiasaan buruk tersebut dengarkanlah nasehat dari teman2mu itu agar engkau selamat.

Mari kita sama2 membahas, kebiasaan merupakan perbuatan yang rutin yang sering kita kerjakan. Lambat laun kebiasaan bisa menjadi sebuah hobby yang menjadikan seseorang kecanduan (adiksi) untuk melakukannya secara berulang. Jika kebiasaan itu baik, maka akan membawa dampak yang positif, namun sebaliknya jika kebiasaan tersebut buruk, maka akan menghantarkan pada keburukan. Di dalam Islam, mengkoleksi photo2 sexi adalah aktivitas mubah (boleh dilakukan), namun kita harus mencermati apakah aktivitas mubah yang kita lakukan bermanfaat atau tidak. Jika tidak bermanfaat hendaklah ditinggalkan, apalagi jika membawa pada pengaruh yang tidak baik.

Perbuatan yang mubah, jika menghantarkan pada keharaman bisa menjadi haram bagi kita. Kaidah syara mengatakan ”Al-Washilah ila al-haram muharramah (sarana yang dapat mengantarkan pada sesuatu yang haram adalah haram)”. Jangan menjadikan sesuatu yang kurang berguna menjadi sebuah aktivitas yang menggiring pada kemaksiatan,  Untuk itulah, Islam melarang segala sesuatu yang dapat memicu terbangkitkannya naluri nau’ (naluri mencintai) akibat melihat gambar2 sexi hingga melanggar syariat. Mengkoleksi photo2 sexi apalagi untuk diekspos dan akhirnya menjadi komsumsi publik akan menimbulkan pemikiran si pelaku menjadi rusak, sehingga tidak mampu melejitkan kemampuanya dalam mengukir prestasi.

Pengaruh lain yang akan timbul akibat seringnya mengkoleksi photo2 sexi, tidak berbeda jauh dengan menonton film2 porno. Otak kita akan selalu digiring pada hal2 yg kurang baik, bukannya tidak mungkin perbuatan yang hanya sekedar iseng tersebut akhirnya akan menggiring si pelaku hobby maupun orang lain kearah maksiat. Pikirkanlah dampak buruk yang terjadi dari hoby aneh tersebut. Jangan berkutat sehingga disibukkan dengan hal2 yg sia2 untuk mengisi kehidupanmu, belajarlah menerima nasehat dari teman2 disekitarmu karena nasehat tersebut akan keluar akibat rasa peduli yang menginginkan sebuah perubahan ke arah yg lebih baik. Untuk itulah rubahlah kebiasaan buruk itu gantikan dan carilah hobby yang lebih bermanfaat lagi sehingga tidak menimbulkan dampak negatif pada orang2 sekitarmu.

"Hilangkan kebiasaan buruk dengan mencari kebiasaan baru yang lebih baik dan menjadikannya sebagai tandingan kebiasaan buruk kita yang lama.....good luck..!!"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar