9 Mei 2011

Dialog Kabayan Dengan Para Penulis


Si Kabayan dengan penuh rasa penasaran bertanya2 dalam hatinya, mengapa sekarang ini banyak sekali penulis bertumbuhan dimana-mana apa mereka ga punya kerjaan kok apa-apa ditulis, begitu pikirnya..hingga suatu hari diapun bertanya,,
Kabayan : " Hai para penulis mengapa kalian ini kok suka banget ama nulis apa ga ada kerjaaan....?"

Penulis Fiksi : " Karena aku suka berkhayal dan berimajinasi makanya aku memilih jadi penulis fiksi. Penulis fiksi paling seneng bercerita tentang kejadian2 apapun yang sudah maupun belum terjadi, biasanya sih ga jauh2 dari pengalaman temen maupun pengalaman pribadi tentunya dibumbui trik dan intrik biar lebih menarik, eh..kabayan lumayan lho dari pada lumanyun... kan bisa jadi sampingan juga "

Penulis Ilmiah : " Kenapa saya suka nulis, tentunya berawal dari hobby saya yang suka baca buku, suka diskusi, suka meneliti akhirnya saya jadi punya keinginan kuat untuk menuangkan ide atau gagasan lewat suatu tulisan. Yang jelas dari nulis bisa dapat royalty "

Penulis Biografi : “ Saya menulis karena saya ingin menjadi bagian dari sejarah kehidupan manusia. Orang-orang yang dicatat dalam sejarah akan abadi namanya. Salut pada orang-orang yang selalu menulis dalam hidupnya, yang lebih penting saya bisa berjumpa dengan orang2 hebat  bayangin kabayan.. bisa ketemu orang2 dari mulai pejabat, orang top, artis wah pokoknya banyak lagi deh, ga lupa kocek tentunya selalu tebal 

Penulis kambuhan : " Jawabannya ada di buku Minder itu Nikmat... hahaha... Menulis karena dulu minderan, dikit2 minder..dikit2 minder jadinya mending nulis lewat diary dari pada curhat ke temen eh...kabayan hebatnya lagi sekarang saya jadi seneng nulis apa aja saya tulis cik kabayan punya cerita menarik apa dengan si iteung biar saya tulis, jangan khawatir bakat saya teh sudah terasah kali2 aja jadi bomming bukunya bisa meledak pastinya dompet mah tambah tebel. "

Penulis Blog : “ Kalo aku sih suka banget nulis soalnya nulis itu bisa bikin aku lebih kenal sama diri sendiri. Terus juga, nulis bisa buat sarana perenungan, cara mencarii solusi untuk masalah-masalah yang aku hadapi. Jangan salah kabayan nulis bisa ngebuat kita berfikir secara sistematis dan ngeliat sesuatu bukan cuma dari sudut pandang kita sendiri. Coba deh kabayan nulis manfaat nulis bisa dasyat banget buat buat diri sendiri yang jelas aku ga bisa nentuin apakah ini hobi, bakal jadi profesi sampingan atau apa namanya yang penting nulis sudah jadi kebutuhan aku. Ada lagi kabayan nulis menjadikan aktualisasi diri nahnu du'at qabla kulli syai'in...jadi da'wah lewat pena, jadi yang penting banget buat aku dunia kepenulisan bisa jadi sarana berda'wah buat memberikan inspirasi buat orang lain "

Kabayan : " Wah...wah... saya jadi pengen nulis kalau begini mah, tapi gening disidik2 cuma penulis blog yang gratisan teh, naha....emang ga butuh duit kok mau nulis gratis....? Saya juga sebenarnya diam2 punya juga bakat nulis.
Abdi teh pengen nulis karena persediaan pulpen banyak, maklum lah kalau ada temen2 yang pada nongkrong di rumah ambu teh pada kotrat-katret ga tau apa yang ditulis jadi we si pulpen teh katinggalan, dikumpulin jadi banyak. Nah...lumayan kan buat nulis, tapi nu jadi masalah teu boga kertas buat nulisnya, di tembok wae kitu....? Naha jadi lieur kieu, gimana ini teh semangat sudah terlanjur menggebu2 pengen nulis....ah..pusing geuning coba ah nulis ini  'Pekerjaan seberat apapun akan terasa ringan jika tidak dikerjakan dan pikiran seberat apapun akan terasa ringan jika tidak dipikirkan'  tah kitu we kabayan mah...."

Para penulis : " Dasar kabayan......"

hehehe.....Note diatas hanya sekedar intermezo saja, sebenarnya saya ingin menyampaikan Mari kita gali semangat lewat Resensi Buku.

Menggali Semangat Lewat Resensi Buku
Sebenarnya saya mempunyai obsesi ingin menulis resensi semua buku yang telah saya baca tapi nyatanya tidak mudah. Dari semua buku tak satupun yang bisa saya resensi, yang jelas kadang2 kendalanya malas baru 1/4 jalan sudah berhenti. Ah tapi biarlah itu berjalan apa adanya cuma disini saya hanya ingin berbagi pada temen2, saya pribadi kadang meresensi buku  setiap selesai membaca memiliki keuntungan yaitu saya tidak cepat lupa dengan isi dari buku jika kemudian hari ada yang bertanya tentang buku tersebut. Selain itu, dengan meresensi buku, sedikit banyak bisa menumpahkan penilaian subyektif saya terhadap sebuah buku. Tidak jarang, ketika meresensi sebuah buku saya menjadi lebih memahami isi buku yang sebelumnya sempat membuat isi kepala menjadi kusut, karena dari kegiatan tersebut kepala saya menjadi lebih bisa memilah-milah kelebihan dan kekurangan yang berkenaan dengan buku tersebut. Bahkan saya juga bisa sedikit membandingkan sebuah buku dengan buku lain yang pernah dibaca [dan diresensi]. Berbagi.... Poin ini jugalah yang menjadi tambahan motivasi untuk terus menulis, Bagaimana dengan temen2 apakah ada yang satu ide...?  Diam2 jadi bisa membantu seseorang sebelum membeli atau memilih sebuah buku.@@Fuh...!! jadi sedikit termotivasi membuat resensi setelah menulis cerita ini W0oooooow...! Semangat lagi.....!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar