16 Mei 2011

Jadikan Setiap Harimu Adalah Hari Istimewa


"JANGAN PERNAH MELEWATKAN SESUATU UNTUK KESEMPATAN ISTIMEWA, SETIAP HARI DALAM HIDUPMU ADALAH KESEMPATAN YANG ISTIMEWA DAN JANGAN BIARKAN AKAL MENGANGGUR !"

Sahabatku pada suatu hari datang menemuiku, dia meminta ijin padaku bahwa hari itu dia tidak akan menghadiri acara pengajian yang rutin dilakukannya. Alasannya dia hanya ingin beristirahat sehari saja melewatkan satu hari tanpa kegiatan rutin sehingga pikirannya kosong dan itu membuatnya bisa rileks, begitulah menurut sahabatku. Pada kesempatan itu tak lupa dia menunjukkan pakaian lengkap dengan sepatu dan tas yang baru saja dibelinya yang terpaksa tidak jadi dipakai untuk suatu acara dan mengatakan bahwa semuanya itu akan dia kenakan pada acara berikutnya yang lebih istimewa. Ada keganjilan dari cara dia berbicara dan yang mengherankan mengapa semua perlengkapan yang dia tunjukkan berwarna putih, setahuku dia paling tidak suka menggenakan sepatu warna putih alasannya karena kulitnya gelap. Itulah detik2 terakhir aku berjumpa dengannya, karena selang waktu 1 hari aku mendengar khabar bahwa dia dilarikan ke Rumah sakit akibat pingsan yang berkepanjangan dan kemudian dinyatakan meninggal diakibatkan penyakit kanker rahim stadium 4. Kenangan yang selalu membekas dalam pikiranku yang menumbuhkan tekad dan memberi pesan bahwa " jangan katakan bahwa hari ini tidak istimewa dan jangan biarkan sedetikpun akal menganggur"

Aku masih berpikir bahwa kata-kata itu akhirnya bisa mengubah cara hidup. Ternyata mengisi akal dengan ilmu dan mengerjakan sesuatu tanpa harus menundanya adalah lebih baik. Disinilah pesan itu menjadi hidup ketika aku bisa mengertii bahwa kehidupan seharusnya menjadi sumber pengalaman supaya bisa hidup, tidak semata-mata supaya bisa survive (bertahan hidup) saja. Pesan ini memberikan makna untuk tidak berlama-lama menyimpan sesuatu. Kata-kata "Suatu hari " dan Satu saat nanti....." kita lenyapkan dari kamus.
"Jika dengan melihat,mendengar dan melakukan sesuatu ternyata bisa menjadi berharga, mari kita melihat, mendengar atau melakukannya sekarang."

Pertemuan terakhir dengan sahabatku memberikan arti bahwa hal-hal kecil yang mungkin bisa membuat menyesal jika kita tahu bahwa umur kita sudah dekat, untuk itu jadikanlah setiap hari menjadi istimewa dengan selalu menebarkan senyum pada teman dan katakan maaf setiap kali kita bertemu, katakan aku sungguh mencintaimu pada orang tua, suami/istri, teman, sahabat. Jangan lagi menunda sesuatu. Persiapkan bekal untuk menyambut kematian itu dan setiap pagi katakan pada diri bahwa "hari ini akan menjadi hari istimewa. Setiap hari, setiap jam, setiap menit, adalah istimewa."

Apabila kamu mendapatkan pesan ini, itu karena seseorang peduli padamu, dan karena mungkin ada seseorang yang kamu pedulikan. Jika kamu terlalu sibuk untuk mengirimkan pesan ini kepada orang lain dan kamu berkata kepada dirimu sendiri bahwa kamu akan mengirimkannya "Suatu saat nanti", ingatlah bahwa "Suatu saat" itu sangat jauh ....... Dan mungkin tidak akan pernah datang . Kematian itu adalah misteri kehidupan......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar