18 Jul 2011

Siap2 !! Ramadhan Segera Tiba...



Ramadhanpun telah diambang pintu, tanpa terasa waktu bergulir begitu cepat dan kita telah berada di bulan Sya’ban. Bulan inipun menjadi bulan yang istimewa selain bulan Ramadhan. Beginilah rasanya ketika Ramadhan akan segera tiba, perasaan hati tentunya dihinggapi rasa senang yang luar biasa, perasaan rindu itu seperti tak terbendung lagi..ingin rasanya segera berjumpa dengan bulan yang penuh rahmat dan ampunan. Tentunya kita harus benar2 mempersiapkan kedatangan bulan suci Ramadhan yang memiliki banyak keutamaan Karena didalam Ramadhan kaum muslimin diwajibkan shaum, dianjurkan memperbanyak amalan sunnah, serta diperintahkan memperbanyak membaca Al-Quran. Disamping itu, bulan Ramadhan adalah bulan pengendalian diri dari syahwat perut, hawa nafsu serta pengendalian anggota tubuh dari hal-hal yang dapat mengurangi nilai shaum.

Ada yang begitu menarik dari bulan Ramadhan ini, yaitu suasana Ramadhan dimana orang2 ramai bertarawih di mesjid, bertadarus dll, oleh karena itu kita perlu mempersiapkan diri dalam menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. Rasulullah SAW. bersabda: “Barangsiapa yang menyambut kedatangan bulan Ramadhan dengan penuh kegembiraan, maka Allah mengharamkan jasadnya menyentuh api neraka.”
Kegembiraan menyambut bulan suci Ramadhan tidaklah ditunjukkan dengan kegembiraan material (fisik), seperti: menyambut Ramadhan dengan makanan yang serba mewah dan lengkap, bakar petasan, bahkan ada yang menyambut bulan Ramadhan dengan pesta pora yang tidak ada manfaatnya. Na’uzubillah. Namun, kegembiraan dalam menyambut bulan suci Ramadhan adalah dengan melatih diri (sehat fisik) dan berupaya untuk membersihkan jiwa (mental spritual) agar bisa maksimal dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan nanti.

Persiapan2 seperti apakah sebaiknya yang harus kita lakukan dalam menghadapi tamu agung ini ?

Berdoalah
Tahap awal yang harus kita persiapkan tentunya dengan berdoa, memohon pada Allah agar kita dipertemukan dengan bulan Ramadhan dalam keadaan sehat.
Kesehatan fisik sangat menunjang optimalisasi kita dalam melakukan ibadah baik puasa, solat, tilawah, dan zikir. Dari Anas bin Malik r.a. berkata, bahwa Rasulullah saw berdoa kepada Allah, ”Allahu akbar, allahuma ahillahu alaina bil amni wal iman was salamah wal islam wat taufik lima tuhibbuhu wa tardha.”
Artinya, “Ya Allah, kurniakan kepada kami pada bulan ini keamanan, keimanan, keselamatan, dan keislaman; dan berikan kepada kami taufik agar mampu melakukan amalan yang engkau cintai dan ridhoi.”

Bersyukurlah
Ucapkan rasa syukur kepada Allah atas kurnia Ramadan yang kembali diberikan kepada kita. Al-Imam Nawawi dalam kitab Adzkar-nya berkata, ”Dianjurkan bagi setiap orang yang mendapatkan kebaikan dan diangkat dari dirinya keburukan untuk bersujud kepada Allah sebagai tanda syukur; dan memuji Allah dengan pujian yang sesuai dengan keagungannya.
” Dan di antara nikmat terbesar yang diberikan Allah kepada seorang hamba adalah ketika dia diberikan kemampuan untuk melakukan ibadah dan ketaatan. Maka, ketika Ramadan telah tiba dan kita dalam keadaan sehat wal afiat, maka hendaknya kita bersyukur dengan memuji Allah"

Buatlah Rencana
Melewati hari2 di bulan Ramadhan tentulah membutuhkan waktu yang lebih dalam melakukan ibadah dibanding hari2 di luar bulan Ramadhan, oleh karena itu agar kita dapat melakukan ibadah dengan maksimal tentunya semuanya harus direncanakan. Rencana2 tersebut dibuat sesuai target yang hendak dicapai dalam menjalankan ibadah, sebagai contoh : Misal dalam satu bulan tersebut kita menginginkan khatam Alqur'an sebanyak dua kali, maka rancanglah agenda kegiatan dalam sehari harus membaca Alqur'an sebanyak 2 jus carilah titik2 paling nyaman dalam membaca Alqur'an dalam satu hari misal setelah waktu sahur menjelang subuh, perbanyaklah membaca pada waktu2 tersebut. Jangan lupa juga rencanakan dan agendakan semua kegiatan agar kita dapat memanfaatkan sebesar mungkin ibadah2 yang dapat dilakukan pada  bulan Ramadhan. Ramadhan sangat singkat. Karena itu, isi setiap detiknya dengan amalan yang berharga, yang dapat membersihkan diri, dan mendekatkan diri kepada Allah. Bertekadlah mengisi waktu-waktu Ramadan dengan ketaatan, disiplin dan penuh kesungguhan hati.

Lengkapi Dengan Ilmu
Masih ada waktu beberapa hari lagi untuk menghadapi Ramadhan, pelajarilah hukum-hukum semua amalan ibadah di bulan Ramadhan karena akan sia2lah ibadah tanpa dilandasi ilmu. Kita wajib mengetahui ilmu dan hukum berpuasa sebelum Ramadhan datang agar puasa kita benar dan diterima oleh Allah SWT. Siapkan jiwa dan ruhiyah kita dengan bacaan yang mendukung proses tazkiyatun-nafs. Hadiri majlis ilmu yang membahas tentang keutamaan, hukum, dan hikmah puasa. Sehingga secara mental kita siap untuk melaksanakan ketaatan pada bulan Ramadan.

Mari kita sambut Ramadhan dengan tekad meninggalkan dosa dan kebiasaan buruk. Bertaubatlah secara benar dari segala dosa dan kesalahan. Ramadhan adalah bulan taubat manfaatkan bulan tersebut sebaik2nya. Sambutlah Ramadhan dengan membuka lembaran baru yang bersih lakukan dengan taubatan nasuha. Sambutlah Ramadhan dengan penuh suka cita, persiapkan segala sesuatunya seakan kita hendak melakukan perjalanan panjang yang dihiasi dengan pemandangan2 ibadah yang mempesona dan menyejukkan hati. Selamat menyambut datangnya Ramadhan....


Allahumma ashlih li fi dinil ladzi huwa 'ishmatu amri wa aslihli dun-yayal lati fiha ma'asyi wa ashlih li akhiratil lati fiha ma'adi waj' alil hayata ziyadatan li fi kulli khairin waj-'ali mauta rahatan li min kulli syarrin.
" Ya Allah, baguskanlah untukku agamaku yang menjadi pangkal urusanku, baguskanlah pula duniaku yang menjadi tempat penghidupanku, serta baguskanlah akheratku yang pada tempat kembalinya nanti. Jadikanlah hidup itu menjadi bekal bagiku dalam segala kebaikan, serta jadikanlah mati itu pelepas segala keburukan bagiku ."

Ya Allah, hari2 dalam bulan Sya'ban ini telah mengiring kami menemui keberkahan yang telah Engkau janjikan kepada kami, maka ya Allah berikanlah kami keindahan dan nikmat yang sesungguhnya atas ridho dan ampunan_Mu sebagaimana Engkau mengampuni orang-orang sebelum kami dan masukkanlah kami kedalam golongan hamba-hamba yang telah Engkau pilih menerima anugerah dan hidayah agung-Mu .. sesungguhnya ya Allah, tanpa pertolongan-Mu kami tidak sanggup keluar dari beban cobaan dan tanpa petunjuk-Mu kami tiada pernah mampu melihat cahaya kemenangan yang datangnya atas kehendak-Mu.....Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar