25 Okt 2011

Peringatan bagi orang yang berkuasa tapi takabur



Setelah terbunuh dalam satu serangan, kini jenazah Qaddafi jadi ‘bahan pameran’ dan diletakkan di dalam lemari pendingin di sebuah pusat pembelanjaan di Misrata dan ditonton ribuan orang tanpa penutup. Di Misrata, penduduk berbaris panjang untuk melihat jenazah Qaddafi yang dibaringkan. Terlihat jelas lelaki, perempuan sampai kanak-kanak antri ingin mengambil gambar bersama jenazah Qaddafi yang masih berlumuran darah....MasyaAllah...Hinanya jenazah seorang muslim diperlakukan sedemikian. Sejahat apapun semasa hidup setiap manusia disaat kematiannya perlu dihormati janganlah dendam itu dibawa sampai kematiannya.

Inilah satu peringatan lagi yang Allah berikan pada manusia yang masih hidup agar dapat melihat dengan jelas bagaimana akhir cerita kehidupan dengan seorang pemimpin yang sangat berkuasa, seorang diktaktor yang sangat takabur, semoga Allah mengampunkan dosa-dosanya. Walaupun bagi sebagian orang, lebih2 lagi rakyat Libya tak akan lupa dengan keangkuhannya, kekejiannya dan kesewenang2an dalam memimpin tapi apakah patut mereka memperlakukannya seperti itu ? kemanakah hati mereka?.

Lihatlah, ini baru kejadian di dunia belum lagi di akhirat. Melihat jenazah Muammar Qaddafi yang berlumuran darah hati rasa pilu,  rasa kasian akan timbul, semoga pemimpin angkuh yang masih hidup dan berkuasa dapat menjadikan pelajaran kemudian menginsyafi bahwa keangkuhan itu tak akan lari kemana, berakhir dengan kematian juga, berakhir dengan tiada daya, tiada upaya. Maka benarlah firman Allah,"kamu wahai manusia tiada daya tiada kuasa melainkan yang sedikit Aku beri". Apalah dengan takabbur, bunuh sana bunuh sini, tangkap sana tangkap sini, fitnah sana fitnah sini, siksa sana siksa sini...menyangka semua bisa dilakukan dengan kekuasaan, tiada daya seikitpun jika yang berkuasa menunjukkan kekuasaannya, camkanlah wahai penguasa negri!!

Dalam surat wasiat terakhir mantan pemimpin Libya Moammar Qaddafi, dia minta agar dikebumikan dengan cara Islam, tapi tidak dimandikan. Hal ini jelas bertentangan dengan ritual Islam yang mewajibkan memandikan jenazah dan membungkusnya dengan kain kafan...Namun inilah ciri takabur yang tanpa disadari selalu ditunjukkannya sehingga akhirnya lupa dengan jalan pulang....

Wasiat Qaddafi tersebut ternyata dilaksanakan dengan tidak memandikannya dan menguburkannya dengan kain berwarna hitam itulah wujud dari implementasi wasiat Qaddafi.

Seorang pemimpin ucapannya akan selalu diingat walaupun dia sudah terbujur kaku, dan inilah salah satu komentar Qaddafi yang begitu kontroversial.

1) Tidak ada yang lebih memuaskan saya. Tapi, siapa lagi yang akan memompa minyak yang kita butuhkan? Sialan Amerika. (Maret 1973)
2) Amerika adalah orang baik. Mereka tidak berniat melawan kita dan mereka seperti kita layaknya kita seperti mereka. Aku menyukai mereka..
Saya tahu mereka merupakan masyarakat yang kompleks. Sebagian orang Amerika tidak tahu tentang dunia luar. Mayoritas tidak punya keprihatinan dan tidak ada informasi tentang orang lain. Mereka tidak bisa bahkan menemukan Afrika pada peta.
Saya pikir Amerika yang baik. Tetapi, Amerika akan diambil alih dan dihancurkan dari dalam oleh lobi Zionis. Amerika tidak melihat ini. Mereka mengalami kemunduran. Zionis akan menggunakan ini untuk menghancurkan mereka. (3 Agustus 1986)
3) Perempuan harus dilatih untuk berperang di rumah, menyiapkan sabuk peledak dan meledakkan diri mereka bersama tentara musuh. Siapapun yang memiliki kendaraan harus siap dan tahu cara menginstal bahan peledak. Lalu, mereka mengubahnya menjadi bom mobil. Kita harus melatih perempuan untuk menempatkan bahan peledak di mobil dan meledakkan mereka di tengah-tengah musuh. Meledakkan rumah-rumah sehingga mereka dapat menghancurkan tentara musuh. Perangkap harus disiapkan. Anda telah melihat bagaimana musuh memeriksa bagasi. Kita harus menyiapkan koper agar meledak saat dibuka. Perempuan harus diajarkan untuk menempatkan ranjau di lemari, tas, sepatu, mainan anak-anak sehingga mereka dapat meledakan tentara musuh. (4 Oktober 2003)

Dalam sebuah pernyataannya, Qaddafi berbicara soal Pepsi dan Coca Cola. Dia juga mengklaim dirinya sebagai imam Muslim.

1) Kami memiliki 50 juta Muslim di Eropa. Ada tanda-tanda bahwa Allah akan memberikan kemenangan Islam di Eropa tanpa pedang, tanpa senjata, dan tanpa penaklukan. Eropa akan berubah menjadi benua Muslim dalam beberapa dekade. Pidato (10 April 2006).
2) Hanya ada satu agama, yakni Islam, setelah Muhammad... Semua orang percaya yang tidak mengikuti Islam adalah pecundang.. Khotbah di Niger (30 Maret 2007).
3) Setiap kali saya bertanya tentang Pepsi-Cola atau Coca-Cola, orang langsung mengatakan itu adalah minuman Amerika atau Eropa. Ini tidak benar. Kola adalah Afrika.
Mereka telah mengambil bahan baku murah dari kami. Mereka memproduksi, mereka membuatnya menjadi minuman, dan mereka menjualnya kepada kami untuk harga tinggi.
Mengapa Pepsi-Cola dan Coca-Cola mahal? Karena, mereka telah mengambil kola kami, diproduksi, dan menjualnya kembali kepada kami. Kita harus memproduksi sendiri dan menjualnya kepada mereka. Pidato di Conakry, Guinea (25 Juni 2007).

Dan ternyata ada satu komentarnya yang menjadi ucaan do'a baginya, dia tidak menyadarinya bahwa ucapan takaburnya menjadikan doa untuknya dan maha penguasa mendengarnya
"Saya adalah seorang pemimpin internasional. Saya adalah dekan para penguasa Arab, raja para diraja Afrika dan imam Muslim. Status internasional saya tidak mengizinkan saya untuk turun ke tingkat yang lebih rendah"
Ucapan hanya tinggal ucapan, tapi penentunya adalah YANG MAHA KUASA

Krisis yang terjadi di Libya adalah akibat aksi brutal terhadap rakyatnya yang dilakukan oleh seorang Presiden Muammar Qaddafi. Akibatnya gelombang aksi masa menentang para ditaktor bergulir di kawasan Timur tengah inilah yang terjadi pada Ben Ali_ditartor Tunisia dan Husni Maubarak_ditaktor Mesir dan sekarang Muammar Qaddafi semua tumbang olah rakyatnya. Rezim Qaddafi yang berkuasa lebih dari 41 tahun sehingga menjadi tabiat penguasa zalim di mana pun, kalau sudah duduk di kursi kekuasaan, tidak mau meninggalkannya.

Desakan massa pun disambutnya dengan moncong senjata. Korban pun berjatuhan, sejak aksi kemarahan digelar. Sumber dari Human Right Watch menyebutkan lebih dari 2.000 orang tewas dan ribuan lagi terluka demikian korban berjatuhan terus menerus. Berapa pun jumlahnya, yang jelas Qaddafi telah mempertontonkan kebrutalannya kepada rakyatnya sendiri. Akibat takabur seorang pemimpim yang lupa diri hingga membantai umatnya sendiri.

Setelah tergambarkan seorang pemimpin takabur mari kita lihat Ayat berikut :
 "Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya menaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya" 
(TQS al-Isra' [17]: 16)

Seorang penguasa mempunyai kedudukan yang amat strtegis, sikap dan tindakan mereka memberikan pengaruh amat besar bagi corak dan warna masyarakat yang dipimpinnya. Bahkan, merekalah yang menjadi penentunya. Jika mereka taat syariah dan bersedia mengadopsinya dalam kehidupan bernegara,tentu kebaikan akan dirasakan semua penduduknya. Sebaliknya, jika mereka membangkang dan tidak sesuai penerapan syariah, maka syariah pun terabaikan. Terlebih jika seluruh yang lainnya juga tidak peduli. Tatkala itu terjadi,datangnya azab Allah SWT hanya soal waktu. Inilah gambaran yang dapat dipahami dari ayat di atas.

Hal tersebut ditegaskan Rasulullah SAW: "Sesungguhnya Allah 'azza wajalla tidak mengazab manusia secara umum hanya karena perbuatan dosa segelintir orang,  sehingga mereka melihat kemungkaran dan mereka pun mampu untuk mengingkarinya, namun mereka tidak mengingkarinya. Jika mereka telah melakukan hal itu, maka Allah akan menyiksa segelintir orang itu dan juga manusia secara menyeluruh." (HR Ahmad).

Dengan semua ini, Apakah Qaddafi seorang pahlawankah, atau Ayahandakah, atau pemimpin umatkah ?? Walahu'alam...Hanya Allah yang tau, kita sebagai manusia hanya diberi kemampuan untuk mengambil apa yang baik dan membuang apa yang buruk untuk diterapkan dalam kehidupan ini. Semoga arwah Almarhum Muammar Qaddafi diampuni segala dosa dan khilafnya...marilah kita lebur segala rasa tidak ada lagi kebencian yang tertanam hati,, hantarkan arwahnya iringilah dengan do'a bagaimanapun ia adalah seorang MUSLIM...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar